Bagaimana Cara Buat Laporan Keuangan Konsolidasi Dengan Mudah?

December 17, 2020by Admin dua
scott-graham-OQMZwNd3ThU-unsplash-min-1280x854.jpg

Laporan keuangan konsolidasi merupakan gabungan laporan keuangan yang menyajikan informasi milik perusahaan induk dan anak perusahaan dalam satu laporan seolah mereka adalah entitas tunggal. Perusahaan tidak memerlukan laporan keuangan jika induk perusahaan tidak memiliki kontrol atau hak kendali terhadap anak perusahaannya. Laporan tersebut diperlukan jika perusahaan memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Memiliki satu atau lebih entitas perusahaan (anak perusahaan) yang dibuktikan dengan kepemilikan saham.
  • Perusahaan induk memiliki saham lebih dari 50% terhadap anak perusahaan.
  • Perusahaan induk mempunyai saham tidak mencapai 50% tetapi masih memegang kendali penuh atas anak perusahaan.

Cara Membuat Laporan Keuangan Konsolidasi

Berikut langkah-langkah pembuatan laporan keuangan konsolidasi yang bisa Anda lakukan:

  1. Lakukan pemeriksaan secara keseluruhan terhadap laporan keuangan entitas induk dan entitas anak. Kemudian lakukan koreksi dan penyesuaian apabila teridentifikasi kelalaian atau kesalahan dalam pencatatan.
  2. Lakukan penyesuaian laporan untuk mengeliminasi laba-rugi masing-masing perusahaan
  3. Lakukan eliminasi pada dividen dan penghasilan anak perusahaan serta mengembalikan saldo investasi seperti awal periode.
  4. Lakukan penyesuaian untuk membuat catatan dari bagian kepentingan non pengendali atas laba dan dividen anak perusahaan.
  5. Eliminasi saldo resiprokal investment yang sebelumnya dilaporkan pada keuangan entitas anak.
  6. Lakukan alokasi dan amortisasi apabila terdapat selisih yang tidak wajar.
  7. Mengeliminasi saldo-saldo resiprokal lainnya (utang piutang, pendapatan, beban, dan lainnya).

Contoh Kasus 

Untuk lebih memahami pembuatan laporan keuangan konsolidasi, coba perhatikan contoh kasus berikut:

Sebuah perusahaan induk memiliki tiga anak perusahaan dengan struktur:

  • 90% saham di perusahaan Alfa, dan 10% milik publik.
  • 40% saham di perusahaan Beta dengan perusahaan induk masih memiliki kendali.
  • 20% saham di perusahaan Gama dan perusahaan induk tidak memiliki kendali.

Perusahaan induk akan membuat laporan keuangan konsolidasi dengan perusahaan Alfa dan Beta. Rumusan perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Aset: 100% aset Alfa + 100% aset Beta + 20% aset Gama. 
  • Liabilitas: 100% liabilitas Alfa + 100% liabilitas Beta. 
  • Ekuitas: 100% ekuitas Alfa + 100% ekuitas Beta. 
  • Pendapatan: 100% Alfa + 100% Beta. 
  • Laba kotor: 100% Alfa + 100% Beta. 
  • Bagian penghasilan (rugi) komprehensif lain dari entitas asosiasi: 20% Gama. 
  • Laba: 100% Alfa + 100% Beta + 20% Gama. 
  • Laba pemilik induk perusahaan: 90% Alfa + 40% Beta + 20% Gama. 
  • KNP (Kepentingan Non Pengendali): 10% Alfa + 60% Beta. 

Apabila anak perusahaan memiliki anak perusahaan lainnya atau ‘cucu’ perusahaan induk dan seterusnya, maka semuanya akan dikonsolidasikan. Tetapi, dengan catatan jika perusahaan induk masih memiliki kendali. Bila tidak memiliki kendali, cucu perusahaan tersebut tidak perlu ikut dilaporkan juga dalam laporan konsolidasi. 

Nah, kurang lebih itulah rincian cara membuat laporan keuangan konsolidasi beserta contohnya. Apabila perusahaan anda membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan profesional, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan dan jasa yang berhubungan dengan akuntansi dan pajak lainnya. Segera hubungi kami di sini.

Admin dua

Send this to a friend