Venture Capital: Pengertian, Cara Kerja, serta Kelebihan & Kekurangannya

September 23, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-09-11-at-4.39.30-PM.jpeg

Agar bisa semakin berkembang, sebuah perusahaan terkadang tak hanya membutuhkan dana dari sang pemilik, tapi juga dari pihak luar. Ada banyak jenis sumber dana yang sering diterima perusahaan, salah satunya yaitu venture capital atau modal ventura. Penjelasan di bawah ini akan membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sumber dana tersebut.

Pengertian dan Contoh 

Venture capital adalah sebuah perusahaan yang melakukan pembiayaan atau pemberian modal kepada perusahaan lain yang lebih kecil dalam jangka waktu tertentu. Umumnya pembiayaan ini dilakukan karena perusahaan yang menjadi objek memiliki potensi pertumbuhan yang baik dalam jangka panjang.

Namun demikian, pendanaan oleh modal ventura tidak selamanya berbentuk uang. Beberapa perusahaan mungkin akan memilih memberikan pelatihan untuk meningkatkan skil di bidang bisnis atau manajerial. 

Adapun contoh venture capital yang ada di Indonesia dan sudah terdaftar OJK yaitu PT. Astra Vitra Ventura, PT. Bina Artha Ventura, PT. Dana Mandiri Sejahtera, dan masih banyak lagi.   

Cara Kerja Modal Ventura

Cara kerja modal ventura tidak jauh berbeda dengan jenis pemodal lainnya. Pertama-tama, perusahaan yang membutuhkan dana akan mengirimkan perencanaan bisnis pada perusahaan pemodal. Selanjutnya, modal ventura akan mempelajari perencanaan bisnis yang dibuat. Bila cocok, biasanya akan diadakan pertemuan kedua belah pihak untuk membicarakan proyek secara rinci.

Bila proyek sudah dibicarakan, modal ventura akan melakukan berbagai pengujian terkait referensi pelanggan, evaluasi produk dan strategi bisnis. Bila merasa puas dengan jawaban perusahaan yang menjadi objek, modal ventura kemudian akan menyiapkan lembar persyaratan sebagai bentuk perjanjian investasi. Persyaratan ini nantinya harus disetujui kedua pihak sehingga pemodalan bisa berlangsung.

Baca Juga: Penanaman Modal Asing: Tujuan, Syarat dan Prosedurnya

Kelebihan dan Kekurangan Venture Capital 

Anda mungkin sedang berpikir untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital. Namun sebelum mengajukan proposal, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari pendanaan ini.

Kelebihan Modal Ventura

  1. Bisa mendapatkan dana yang besar karena biasanya berasal dari perusahaan yang sudah maju.
  2. Dengan bantuan perusahaan yang lebih besar, kemungkinan untuk mengelola berbagai risiko juga lebih mudah.
  3. Tidak perlu menggadaikan aset pribadi.
  4. Perusahaan bisa mendapat banyak saran seputar pengelolaan bisnis dan bahkan pengalaman kepemimpinan dari pebisnis-pebisnis sukses.
  5. Popularitas perusahaan bisa meningkat lebih cepat berkat kerjasama dengan perusahaan besar.
  6. Kemungkinan lebih besar untuk memiliki tim dan SDM berkualitas karena mendapat saran dan pemantauan dari perusahaan besar.

Kekurangan Modal Ventura

  1. Pendiri tidak bisa memiliki perusahaan seutuhnya karena harus menerbitkan saham yang akan menjadi milik investor.
  2. Tidak banyak perusahaan yang mau memberi dana, sehingga cukup sulit untuk mendapat suntikan modal.
  3. Diperlukan pengujian untuk yang sangat efektif untuk proyek sehingga memakan waktu lama.
  4. Dana hanya bisa dikeluarkan sesuai dengan waktu proyek dimulai.
  5. Bila kinerja para SDM buruk, maka pemilik bisa kehilangan bisnisnya. 

Itulah penjelasan mengenai venture capital mulai dari definisi, contoh, cara kerja, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend