Ketahui Definisi dan Manfaat Crowdsourcing di Sini!

September 26, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-09-25-at-7.39.11-AM.jpeg

Bagi sebagian orang, kata crowdsourcing mungkin masih terasa asing di telinganya. Secara sekilas, istilah ini memang berkaitan dengan bisnis dan dapat mempermudah pekerjaan. Penasaran untuk kenal lebih jauh? Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini. 

Apa itu Crowdsourcing?

Crowdsourcing adalah salah satu cara untuk mengumpulkan ide, layanan, atau konten dengan mengandalkan kontribusi dari banyak orang dalam suatu kelompok. Yang dimaksud dengan kelompok ini yaitu pihak ketiga yang tidak memiliki keterikatan dengan bisnis, contohnya yaitu pemegang saham dan karyawan. 

Dalam kelompok tersebut, mereka akan membagikan informasi, mengerjakan pekerjaan yang diminta, dan mendiskusikan berbagai hal melalui forum yang telah disediakan. Forum ini bisa berupa media sosial, aplikasi, atau bahkan website.

Umumnya, orang-orang yang tergabung dalam crowdsourcing ini merupakan para freelancer yang sedang mencari pekerjaan tetap atau para job seekers. Tidak jarang mereka bergabung dalam forum tersebut untuk mengerjakan pekerjaan kolektif dengan cuma-cuma. 

Manfaat crowdsourcing

Mungkin, Anda juga bertanya-tanya apa manfaat dari crowdsourcing hingga banyak orang yang tertarik denganya? Berikut manfaatnya.

1. Mengurangi Biaya Operasional

Manfaat utama dari menggunakan jasa ini tentu saja ialah untuk mengurangi biaya operasional yang akan dikeluarkan saat mengerjakan proyek tertentu. Ketika sebuah perusahaan menggunakan jasa ini, mereka tidak harus membayar jasa tersebut dengan jumlah yang sama dengan gaji karyawannya. 

Para freelancer dan orang yang menawarkan situs ini biasanya akan mendapat bayaran berdasarkan jumlah projek yang berhasil mereka selesaikan. Selain itu, pekerjaan ini pun dapat dilakukan secara remote sehingga tidak menambah biaya operasional.

2. Mengisi Posisi yang Tidak Ada di Perusahaan

Umumnya, sebuah perusaah tidak memiliki staf yang cukup untuk memenuhi kebutuhan semua departemen. Terlebih jika perusahaan tersebut masih merintis, tidak jarang diantara mereka yang mengorbankan beberapa departemen yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tertentu.

Di samping itu, jasa ini bisa memberikan solusi untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan mengisi kekosongan posisi tersebut. Karena itu, saat perusahaan mendapatkan sebuah proyek tapi tidak memiliki sumber daya yang mumpuni, mereka dapat mengandalkan para freelancer dengan kemampuan yang memadai untuk menyelesaikannya.

3. Memeriksa Proyek dengan Lebih Detail

Manfaat berikutnya yang dapat membantu memeriksa proyek dengan lebih detail. Ketika sebuah perusahaan mendapatkan satu proyek besar, biasanya ada beberapa aspek kecil yang penting. Sayangnya, tidak jarang justru beberapa aspek tersebut kurang diperhatikan.

Namun, dengan adanya sekumpulan freelancer ini, projek tersebut bisa dikerjakan dengan lebih detail. Perusahaan bisa mengandalkan mereka untuk menyelesaikan beberapa aspek kecil tersebut. Dengan begitu, pekerjaan bisa selesai dengan lebih detail dan beban perusahaan bisa berkurang. 

Baca Juga: Perusahaan Startup: Kenali Contoh, Jenis, dan Sumber Pendanaannnya

 

Nah, itu dia beberapa informasi tentang crowdsourcing. Anda sekarang sedang berada di posisi mana? Perusahaan yang kekurangan sumber daya, atau bagian dari freelancer yang tergabung dalam sebuah forum tertentu untuk mendapatkan pekerjaan?

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend