Serba-Serbi Struktur Perusahaan: Pengertian, Contoh, dan Tugasnya

December 16, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-12-15-at-4.50.26-PM.jpeg

Dalam menjalankan suatu bisnis, diperlukan adanya struktur perusahaan untuk meningkatkan efektivitas kinerja perusahaan. Ini karena dengan adanya struktur, pembagian tugas, hak, dan kewajiban dapat dilakukan dengan lebih mudah dan jelas.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai struktur organisasi perusahaan, berikut uraian mengenai pengertian beserta contoh dan tugasnya.

Pengertian dan Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan adalah susunan unit kerja dalam sebuah perusahaan yang berisi jabatan beserta fungsi dan tanggung jawab dari tiap-tiap pemangkunya.

Adanya struktur organisasi perusahaan memiliki banyak manfaat. Pertama, pembagian tugas dan tanggung jawab menjadi lebih jelas dan adil. Kedua, birokrasi perusahaan dapat dijalankan dengan lebih optimal. Ketiga, adanya struktur dapat memperjelas informasi mengenai jenjang karier bagi karyawan. Terakhir, adanya struktur organisasi juga dapat mempermudah perusahaan untuk mencapai target.

Oleh karenanya, penting untuk memiliki struktur organisasi perusahaan dan tugasnya untuk menjamin keberhasilan suatu perusahaan, termasuk perusahaan kecil atau rintisan sekalipun.

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Startup

Biasanya, perusahaan startup atau rintisan mengadopsi struktur organisasi flat atau datar. Artinya, setiap jabatan selain CEO memiliki posisi yang setara. Sementara itu, CEO atau pemilik berada di peringkat teratas. Contoh jabatan dan tugasnya antara lain:

 

1. CEO (Chief Executive Officer)

 

CEO bertugas sebagai pemimpin dan perwakilan perusahaan. Tugasnya antara lain membentuk visi dan strategi untuk mengembangkan bisnis, menjalin dan menjaga hubungan dengan pihak eksternal seperti investor, hingga membuat keputusan terkait jalannya perusahaan.

2. CTO (Chief Technology Officer)

 

 

Tugas CTO sendiri meliputi memahami dan mengadopsi perkembangan teknologi, mengelola pengembangan produk, dan menyatukan pengembangan produk.

3. CFO (Chief Financial Officer)

 

 

Sesuai namanya, CFO bertugas mengurus keuangan perusahaan mulai dari membentuk strategi penggalangan dana, merumuskan dokumen keuangan, hingga membahas kesehatan keuangan dengan CEO.

4. CMO (Chief Marketing Officer)

 

 

Tanggung jawab CMO meliputi bidang pemasaran, mulai dari mengembangkan strategi pemasaran, membuat campaign marketing, hingga melakukan riset pasar.

5. COO (Chief Operating Officer)

 

 

Biasanya, tugas COO dilimpahkan kepada CEO saat awal mendirikan startup. Tanggung jawab COO di antaranya membuat bisnis model awal, menentukan harga produk, hingga menjadi penghubung antara karyawan dengan CEO.

6. WP Penjualan (Wakil Presiden Penjualan)

 

 

Tanggung jawab WP penjualan berkaitan dengan marketing, di antaranya mengembangkan strategi pemasaran dengan CMO dan memahami kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Badan Usaha: Pengertian, Fungsi, Jenis, Bentuk & Pengenaan Pajaknya

Contoh Struktur Perusahaan Kecil

Berbeda dengan perusahaan besar, unit kerja pada perusahaan kecil tergolong lebih sedikit. Berikut contoh unit kerja beserta tugasnya.

 

1. Pemilik atau Direktur

 

Seseorang yang menjabat sebagai pemilik atau direktur bertugas sebagai penanggungjawab segala kegiatan dan mengatur jalannya usaha.

2. Manajer Personalia, Manajer Keuangan, Manajer Pemasaran, dan Manajer Operasional

 

 

Manajer personalia bertugas mengatur sumber daya manusia dengan melakukan rekruitmen dan mengendalikan hubungan antarlini perusahaan. Manajer keuangan bertanggungjawab atas keuangan perusahaan dengan mengurus pelaporan keuangan dan terkadang perpajakan.

Manajer operasional bertugas mengatur kegiatan operasional perusahaan dengan membawahi para staff. Sementara itu, manajer pemasaran bertanggung jawab mengatur proses penawaran produk perusahaan kepada pasar.

3. Staff atau Karyawan

 

 

Staff atau karyawan berkedudukan di bawah pemilik dan manajer, dengan tugas membantu dan mendukung kegiatan manajemen.

Nah, itu dia uraian mengenai contoh struktur organisasi perusahaan beserta tugasnya. Semoga membantu.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend