Lean startup: Pebisnis Online Wajib Tahu Metode Ini!

October 4, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-10-02-at-6.48.00-AM.jpeg

Lean startup merupakan salah satu metode yang cukup jitu untuk dicoba oleh para pebisnis online. Seperti yang kita tahu, menjadi seorang pebisnis online memang bukan perkara yang mudah. Diperlukan metode yang paling jitu untuk bisa bersaing dengan para kompetitor. Karena itu, mari kita pelajar metode ini dengan seksama. 

Apa itu Lean startup?

Lean startup merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menciptakan sebuah produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Caranya yaitu dengan melibatkan konsumen dalam proses pengembangannya. 

Dalam metode ini, kita ditekankan untuk membuat suatu produk sesuai dengan permintaan pasar yang dinamis. Untuk bisa melakukan hal tersebut, dilakukan pendekatan prototipe atau Minimum Viable Product (MVP). 

Pertama, perusahaan akan merancang produk dasar untuk diujikan langsung kepada calon konsumen. Selanjutnya, produk tersebut akan dikembangkan berdasarkan masukan yang diberikan oleh konsumen tersebut. Jika produk sudah hampir sesuai dengan masukan tersebut, baru jumlah produksi akan ditingkatkan. 

Baca Juga: Kupas Tuntas Perbedaan Startup Unicorn, Decaron, Hectocorn

 

Tujuan dan Manfaat Lean startup

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan metode ini, diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Minim Risiko

Tujuan utama dari lean startup ialah untuk meminimalisir kegagalan dari suatu bisnis atau perusahaan. Produk yang dibuat cenderung akan lebih mudah laris di pasaran. Pasalnya, setiap produk yang diproduksi merupakan hasil dari masukan yang diberikan oleh konsumen. Karena itu, produk yang dipasarkan bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih tepat.

2. Lebih Efisien

Seperti yang kita ulas sebelumnya, metode ini menggunakan MVP dalam proses produksinya. Hal ini dapat memaksimalkan proses tersebut agar lebih efisien, baik itu perihal biaya yang digunakan ataupun tenaga yang digunakan. Semakin cepat produk Anda diujikan kepada konsumen, maka semakin cepat pula Anda bisa mengembangkan produk tersebut.

3. Produk Sesuai Kebutuhan Konsumen

Metode ini memungkinkan Anda untuk menciptakan produk terbaik sebagai solusi dari permasalah yang ada dan lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini didukung dengan pengembangan produk berdasarkan feedback dari konsumen langsung sehingga ketepatan informasi kebutuhan target market tentu lebih akurat. Mulai dari fitur yang diinginkan, atau manfaat lainnya dari produk tersebut.

4. Cocok untuk Berbagai Jenis Bisnis

Metode bisnis ini bisa Anda terapkan untuk berbagai jenis bisnis yang Anda kelola. Mulai dari pelaku uasaha bisnis online hingga jasa penulisan artikel bisa menerapkan metode ini. Pasalnya, prinsip utama dari metode ini yaitu menjaga kepuasan konsumen dengan menghadirkan produk-produk yang sesuai. 

Baca Juga: Mengenal Funding Startup dan Level Pendanaannya

 

Di samping beberapa manfaat lean startup di atas, Anda juga perlu memperhatikan target market dari produk yang akan dipasarkan. Setelah produknya jadi, jangan sampai Anda memasarkan produk tersebut pada target pasar yang kurang tepat. Hal ini bisa membuat strategi bisnis Anda meleset. Jadi, jangan lupakan target utama yang telah ditentukan pada saat proses produksi produk tersebut, ya!

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend