Teknologi Digital dan Manfaatnya Diberbagai Bidang

October 4, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-10-02-at-7.06.14-AM.jpeg

Tentu sudah kita sadari bahwa teknologi digital saat ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, termasuk bagi para milenial. Dengan adanya teknologi ini, kita bisa mendapatkan kemudahan dalam berbagai bidang, mulai dari mengerjakan pekerjaan, menyampaikan informasi, dan masih banyak lagi. Sudah tahu apa saja manfaatnya?

Manfaat Teknologi Digital yang Jarang Sadari

Teknologi digital adalah alat yang beroperasi secara otomatis menggunakan sistem komputerisasi. Dari sekian banyaknya manfaat yang bisa diberikan, ternyata ada beberapa manfaat yang tidak semua orang menyadarinya. Berikut selengkapnya kami uraikan dalam beberapa poin di bawah ini.

1. Bidang Telekomunikasi

Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2017 lalu, ditemukan 132 juta pengguna internet dari Indonesia dengan angka pertumbuhan sebesar 51% per tahunnya. Dari data tersebut, dapat kita ketahui jika saat ini hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan alat telekomunikasi yang lebih canggih dan mudah.

Tidak hanya itu, kaum milenial juga dapat membuat dan membagikan berbagai konten digital dengan sangat mudah melalui berbagai platform yang bisa diakses menggunakan laptop, komputer, atau smartphone

2. Bidang Pendidikan

Selain dalam bidang telekomunikasi, teknoligi digital ini juga sangat bermanfaat dalam bidang pendidikan bagi kaum milenial. Adanya teknologi canggih seperti smartphone, komputer, atau laptop dapat memberikan kemudahan bagi mereka untuk mendapatkan sumber informasi tentang berbagai materi pelajaran. 

Selain itu, para milenial juga dapat memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan mengembangkan kemampuannya. Pasalnya, tidak hanya materi pendidikan formal saja, berbagai skill menarik juga bisa kita pelajari melalui media digital ini.

3. Bidang Perbankan

Mungkin jarang ada yang menyadari jika hadirnya mesin ATM dan m-Banking merupakan salah satu manfaat yang bisa kita rasakan dari adanya digital technologies. Dengan adanya mesin ATM, kita tidak lagi harus mengantri berjam-jam untuk mengambil uang tabungan.

Di samping itu, kehadiran m-Banking juga sangat memudahkan kita dalam melakukan berbagai transaksi. Apalagi kini m-Banking sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mempermudah kita untuk melakukan berbagai transaksi, seperti pembayaran tagihan, top up, pembelian pulsa, dan lain-lain.

4. Bidang Pekerjaan

Hadirnya berbagai inovasi dalam bidang pekerjaan sangat memudahkan masyarakat Indonesia, termasuk kaum milenial untuk mengerjakan berbagai pekerjaan. Contoh teknologi digital dalam bidang ini yaitu hadirnya berbagai marketplace dan ecommerce yang mempermudahkan sistem jual beli secara online

Dengan adanya teknologi tersebut, kita bisa menjual berbagai produk tanpa harus membayar sewa toko. selain itu, kita juga dapat menjangkau konsumen dengan lebih luas tanpa batasan wilayah. 

Baca Juga: Lean startup: Pebisnis Online Wajib Tahu Metode Ini!

Sebenarnya, masih ada banyak beberapa manfaat teknologi digital yang bisa kita dapatkan, seperti dalam bidang kesehatan, hobi, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Karena itu, kehadiran teknologi ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend