Memahami Apa Itu Human Capital (HC), Tugas, dan Fungsinya

November 21, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-11-20-at-5.42.57-PM.jpeg

Selain personalia dan HRD, istilah terkait yang sering terdengar adalah Human Capital (HC). Apakah istilah ini memiliki arti yang sama dengan personalia dan HRD? Meski terdengar mirip, keduanya memiliki perbedaan tersendiri, lho. Yuk, pelajari apa itu HC dan apa saja tugasnya di artikel berikut.

 

Definisi Human Capital

Jika diartikan secara gamblang, Human Capital dapat diartikan sebagai ‘modal manusia’. Akan tetapi, dalam sebuah setting perusahaan, HC diartikan lebih dari sekadar ‘modal manusia’. 

Human Capital adalah departemen yang mengelola serta mengembangkan SDM agar kinerjanya lebih baik. Karena upaya pengelolaan SDM ini tidak mudah, siapa pun yang berkarier di bidang ini perlu memiliki pengetahuan yang matang mengenai Human Capital Management.

Memangnya, apa sih Human Capital Management itu? Human Capital Management adalah cara mengelola sumber daya manusia yang menekankan pada peningkatan nilai ekonomis karyawan. 

Maka dari itu, fokus kerja Human Capital adalah untuk meningkatkan keterlibatan dan produktivitas karyawan. Dengan begitu, nilai karyawan sebagai aset bisnis bisa lebih ditingkatkan.

 

Perbedaan HC dan HR

Membandingkan HC dan HR memang agak sedikit sulit. Pasalnya, sering kali job description kedua profesi ini tumpang tindih.

Kedua profesi ini sama-sama mengelola SDM. Hanya saja, HR akan berfokus pada perekrutan, onboarding (penyesuaian/orientasi karyawan baru), memberikan pelatihan dan evaluasi, serta memberikan insentif atas kinerja karyawan.

Sementara itu, HC bertugas untuk memantau performa, pencapaian KPI (Key Performance Indicators), kontribusi, serta peningkatan skill karyawan. Tidak hanya itu, HC juga perlu mengatur strategi untuk meningkatkan loyalitas karyawan dan menurunkan tingkat turnover perusahaan.

Lantas, mengapa tugas-tugas HC dan HR sulit dibedakan satu dengan yang lainnya? Meskipun ada perbedaan tanggung jawab di antara keduanya, tugas-tugas HC dan HR biasanya diamanatkan ke dalam satu departemen yang sama, yaitu Human Resource Department. Karena alasan inilah orang-orang sulit membedakan tugas di antara keduanya. 

 

Tugas HC

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa tugas Human Capital:

  • Melakukan perekrutan tenaga kerja baru
  • Menentukan job description dari setiap departemen dan menentukan beban kerja setiap tenaga kerja
  • Mengatur program pelatihan dan pengembangan tenaga kerja
  • Memantau dan menilai kinerja karyawan
  • Validasi data, seperti data pengajuan cuti, gaji pegawai, klaim jaminan sosial, dsb.

Baca Juga: Perusahaan Startup: Kenali Contoh, Jenis, dan Sumber Pendanaannnya

 

Fungsi HC

Dilihat dari tugas-tugas yang dilakukan HC, Anda bisa menilai betapa pentingnya HC untuk keberlangsungan perusahaan. Keberadaan HC memiliki satu fungsi penting, yaitu untuk menghindari kerugian perusahaan terkait dengan aset dan investasi yang telah ditanam perusahaan. 

Aset yang dimaksud tentunya adalah karyawan perusahaan. Dengan adanya HC, kontribusi dan pertumbuhan karyawan bisa dinilai secara berkala. Melalui cara ini, investasi yang dilakukan perusahaan terhadap karyawan—baik dalam bentuk gaji, insentif, maupun pelatihan-pelatihan—bisa menguntungkan bagi perusahaan.

Nah, itulah definisi Human Capital, tugas, serta fungsi Human Capital. Keberadaan HC sangat penting untuk kemajuan perusahaan, sebab melalui departemen inilah kinerja karyawan bisa dipantau dan terus ditingkatkan.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend