Diskon PPnBM 2022, Ketahui Apa Saja Ketentuannya - RDN Consulting

December 30, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-12-25-at-5.36.29-PM.jpeg

Sepanjang tahun 2022 terakhir, pemerintah telah resmi merilis PPnBM 2022 yang ketentuannya bisa diikuti oleh para pemilik kendaraan bermotor yang wajib membayar pajak. Dalam hal ini, pemerintah telah mengeluarkan daftar yang mencatut jenis-jenis mobil yang mendapat keringanan dalam bentuk penerimaan insentif PPnBM pada tahun 2022 ini. Adapun sampai bulan Oktober ini, ketentuan PPnBM terbaru telah dirilis dan diberlakukan sampai bulan September lalu.

Definisi

Tapi sebelum kita lanjut lebih jauh, apa sebenarnya PPnBM itu? Pada dasarnya, Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) adalah pajak yang diberlakukan selain PPN untuk semua transaksi yang melibatkan barang-barang mewah, seperti halnya kendaraan bermotor.

Perlu diketahui bahwa barang mewah dalam pajak ini bukan hanya termasuk mobil saja, tapi juga hal-hal lain seperti:

  • Barang kebutuhan tersier (mobil, komputer, sepeda motor, dll.)
  • Barang yang hanya digunakan kalangan masyarakat tertentu
  • Barang yang hanya digunakan oleh masyarakat dengan penghasilan tinggi
  • Barang yang digunakan untuk keperluan prestise dan status sosial

Di sini, PPnBM berlaku pada setiap proses pembelian mobil baru dan proses legalisasi dan izin jalan mobil yang tertera dalam harga on the road mobil tersebut.

Perpanjangan PPnBM

Untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi nasional yang terhambat akibat pandemi COVID-19, pemerintah memberlakukan diskon PPnBM khusus di tahun 2022 untuk memulihkan industri otomotif nasional. Diskon ini termasuk dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenprin) Nomor 852 Tahun 2022.

Dalam rangka implementasi dari keputusan menteri tersebut, PPnBM 2022 diperpanjang dari tahun 2021 hingga bulan September 2022 lalu. Perpanjangan ini diberlakukan sejak awal tahun 2022 yang kemudian dibagi menjadi tiga periode perpanjangan, mulai dari Januari-Maret, April-Juni, hingga Juli-September.

Diskon PPnBM 2022

Dalam diskon ini, terdapat 2 kategori mobil yang bisa mendapatkan diskon PPnBM, seperti:

  • Mobil yang dijual seharga Rp 200.000.000 – Rp 250.000.000
  • Mobil yang dijual seharga di bawah Rp 200.000.000 (tergolong ke dalam program Low Cost Green Car/LCGC)

Selama diskon PPnBM tersebut berlaku, terdapat 5 model LCGC yang bisa mendapatkan diskon tersebut, seperti Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, dan Toyota Agya. Pemberlakuan diskon PPnBM selama tahun 2022 untuk kelima model ini adalah diskon 100% selama Januari-Maret, diskon 6623% selama April-Juni, dan 3313% selama Juli-September.

Meski kelimanya harusnya dikenakan tarif PPnBM sebesar 3% di masa normal, pemberlakuan diskon sebagai proses pemulihan ekonomi membuat kelima model tersebut mendapat diskon tarif sebesar 0% selama Januari-Maret, 2% selama April-Juni, dan 1% selama Juli-September.

Kesimpulan

Dengan diberlakukannya diskon PPnBM 2022, pemerintah menaruh banyak harapan untuk bisa memulihkan tingkat konsumsi kredit masyarakat yang terdampak oleh pandemi COVID. Tertarik dengan informasi lain terkait dengan berita seputar pajak keuangan terbaru? Baca seluruh artikel kami di sini!

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend