Ingin Resign? Berikut Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

December 7, 2022by Admin dua0
nick-fewings-GpplHQ-fyvA-unsplash-1280x853.jpg

Ketika bekerja di perusahaan, ada kalanya karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri. Alasannya bermacam-macam, mulai dari menemukan tempat kerja lain yang dirasa lebih cocok, pindah domisili, mencari pengalaman baru di perusahaan lain, dan sebagainya.

Untuk melakukannya, karyawan diharuskan membuat dan mengajukan surat resign. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat pengunduran diri karyawan supaya proses resign berjalan lancar. Berikut pembahasannya.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuat Surat Pengunduran Diri

1. Buat Surat Secara Ringkas dan Sopan

Ketika menyusun surat, penting untuk membuatnya seringkas mungkin. Selain itu, gunakan bahasa yang sopan dan hindari ucapan bernada kebencian terhadap perusahaan.

2. Perhatikan Kebijakan Resign Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait resign. Peraturan ini biasanya dapat ditemukan pada kontrak kerja. Hal ini penting diperhatikan untuk mengetahui informasi seputar denda yang dikenakan, jalur administrasi, dan semacamnya supaya proses resign berjalan lancar.

3. Bicarakan dengan Atasan

Ketika hendak mengajukan resign, jangan lupa berbicara dengan atasan supaya tidak terjadi miskomunikasi. Bicarakan juga alasan mengundurkan diri karena hal tersebut biasanya juga dicantumkan di dalam surat pengunduran diri karyawan.

Jenis-Jenis Surat Pengunduran Diri

1. One Month Notice

One month notice merupakan jenis surat yang sering kali menjadi standar syarat pengunduran diri, yaitu berupa surat pemberitahuan satu bulan sebelum karyawan resmi mengundurkan diri sehingga memungkinkan perusahaan untuk mencari pengganti.

2. Two Week Notice

 

 

Surat jenis ini diberikan dua minggu sebelum karyawan resmi mengundurkan diri. Ketika mengajukan surat jenis ini, karyawan bersangkutan harus menuliskan alasan yang logis supaya surat resign dapat dikabulkan oleh perusahaan.

Format Surat Pengunduran Diri Karyawan

1. Kepala Surat

Bagian ini berisi tempat dan tanggal dibuatnya surat pengunduran diri, nama penerima, serta alamat yang ingin dituju.

2. Isi Surat

Isi surat biasanya mencakup data diri, maksud dan tujuan dalam membuat surat pengunduran diri, apresiasi terhadap perusahaan selama bekerja, permohonan maaf, serta harapan yang diberikan untuk perusahaan.

3. Penutup Surat

Bagian ini biasanya memuat ucapan terima kasih beserta nama dan tanda tangan dari pembuat surat.

Baca Juga: Bagaimana Struktur Surat Lamaran Kerja? Berikut Penjelasannya

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

 

Jakarta, 13 Oktober 2022

Yth.

HRD PT Sejahtera

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ….

Departemen : ….

Jabatan : ….

No Induk Karyawan : ….

Melalui surat ini, saya selaku salah satu karyawan di PT Sejahtera mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri terhitung sejak tanggal 13 November 2022 karena berpindah domisili.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk bekerja, belajar, dan berkembang di PT Sejahtera selama dua tahun terakhir. Saya juga ucapkan permohonan maaf kepada seluruh karyawan apabila selama ini ada kata atau perbuatan yang kurang berkenan, baik yang disengaja atau tidak.

Saya berharap PT Sejahtera dapat terus berkembang dan lebih baik lagi ke depannya.

 

Hormat saya,

 

(Nama Lengkap)

Demikian uraian mengenai contoh dan format surat pengunduran diri karyawan. Semoga membantu.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend