Anda Pemilik Perusahaan? Ketahui Fungsi KBLI Buat Bisnis

January 16, 2023by Admin dua0
WhatsApp-Image-2023-01-06-at-4.47.12-PM.jpeg

Bagi para pemilik badan usaha, mereka tidak hanya perlu memikirkan tentang bagaimana melakukan operasi bisnis setiap harinya, tapi juga menentukan klasifikasi badan usaha mereka ketika mendaftarkan usaha mereka ke dalam akta atau Nomor Induk Berusaha (NIB). Adapun klasifikasi yang digunakan adalah Klasifikasi Baku Lapangan Usaha. Apa itu KBLI, dan klasifikasi macam apa ini yang perlu diikuti oleh para pemilik badan usaha yang baru saja berdiri?

Definisi

Menurut Kementerian Investasi/BKPM Indonesia, klasifikasi ini adalah sebuah panduan yang digunakan untuk menentukan jenis kegiatan usaha/bisnis yang sedang dirintis oleh seorang pengusaha.

Dalam menentukan klasifikasi badan usaha tersebut, prosesnya ditentukan oleh jumlah output yang diproduksi oleh usaha tersebut dalam bentuk barang atau jasa dan jenis lapangan usaha yang dibentuk. Berkat klasifikasi ini, pemerintah bisa dengan lebih mudah menentukan badan usaha seperti apa yang baru saja dirintis ini.

Kode KBLI

Untuk menentukan klasifikasi dalam standar ini, Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan standar yang mengacu pada East Asia Manufacturing Statistics (EAMS), ASEAN Common Industrial Classification (ACIC), dan International Standard Classification of All Economic Activities (ISIC) untuk menentukan kode klasifikasi dalam standar ini.

Kode terbaru klasifikasi ini dirilis pada tahun 2020 lalu. Adapun kode yang tercantum dalam katalog terbaru tersebut menerima tambahan sebanyak 216 kode baru, sehingga sekarang, terdapat sekitar 1.790 kode badan usaha yang tercantum.

Baca Juga: Lean startup: Pebisnis Online Wajib Tahu Metode Ini!

Pengecekan Klasifikasi

Bagaimana cara seseorang bisa mengecek kode yang bisa digunakan untuk mengklasifikasikan badan usahanya?  Untuk itu, terdapat tiga kategori kode yang perlu diperhatikan saat sedang cek KBLI:

  • Kode tiga digit (untuk menyebut jenis sebuah industri pada umumnya)

Contoh: kode 325 tentang industri peralatan kedokteran dan kedokteran gigi serta perlengkapannya

  • Kode empat digit (untuk menyebut subgolongan industri yang berkaitan dengan pengadaan peralatan yang lebih spesifik)

Contoh: kode 3250 tentang anak industri perlengkapan kedokteran dan kedokteran gigi seperti industri kain dan benang steril, industri semen rekonstruksi tulang, dan sebagainya

  • Kode lima digit (untuk menyebut subgolongan industri yang berkaitan dengan pembuatan peralatan industri di tingkat atasnya)

Contoh: kode 32502 tentang pembuatan peralatan pemeriksaan kesehatan, operasi, kedokteran gigi, dan sebagainya

 

Ketika melakukan pengecekan, perlu diingat bahwa ada kemungkinan barang yang terkait dengan sebuah industri justru ditempatkan di kode industri lain. Contohnya adalah industri barang dari plastik dengan kode 2229. Yang unik adalah, industri ini tidak mencakup industri alat medis berbahan plastik, yang memiliki golongannya sendiri yaitu kode 3250.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend