Analisis Peluang Usaha, Hal Wajib Dilakukan Untuk Kesuksesan

March 22, 2023by Admin dua
WhatsApp-Image-2023-03-19-at-2.26.14-PM-1280x854.jpeg

Demi perkembangan dan kemajuan sebuah bisnis, seluruh pelaku usaha, baik yang baru memulai atau yang sudah menjalankan bisnis, perlu melakukan analisis peluang usaha. Analisis ini perlu dilakukan tanpa harus melihat besar kecilnya bisnis yang dijalankan.

Analisis yang dimaksud yaitu kegiatan penelitian, perencanaan, prediksi, serta evaluasi yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk bisnis yang akan dimulai atau yang sudah berjalan. Analisis tersebut dapat membantu sebuah bisnis mendatangkan keuntungan lebih banyak kepada pemiliknya.

Apa Tujuan Analisis Peluang Usaha?

Setidaknya terdapat tiga tujuan analisis peluang usaha yang menyebabkan pentingnya analisis tersebut, yaitu:

1 .Menghindari Kebangkrutan

Untuk sebagian pelaku bisnis, kebangkrutan merupakan hal yang paling ditakuti. Untuk mencegah hal tersebut, analisis yang dilakukan dapat menjadi penopang sebuah bisnis agar bisnis tersebut berkembang dan terhindar dari kebangkrutan yang mungkin terjadi.

2. Menentukan Strategi Pemasaran Dengan Tepat

Dalam menjalankan suatu bisnis, persaingan bisnis pasti selalu ada. Oleh karena itu, teknik pemasaran perlu disusun dengan tepat agar bisnis yang dijalankan terlihat lebih unggul di mata para konsumen. Seorang pelaku bisnis harus menguasai produk yang ditawarkan serta melakukan promosi secara kreatif.

3. Memahami Kelayakan Suatu Usaha

Usaha dalam menjalankan suatu bisnis akan sia-sia jika bisnis tersebut kurang layak untuk dijalankan. Maka dari itu, analisis peluang usaha penting dilakukan agar pelaku bisnis dapat memahami apakah bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan atau sebaliknya.

Baca Juga: Definisi, Tujuan dan Contoh Perencanaan Bisnis

Contoh dan Cara Analisis Peluang Usaha

Adapun beberapa contoh analisis peluang usaha yang juga merupakan langkah-langkah melakukan analisis tersebut:

1. Analisis SWOT

SWOT merupakan singkatan dari strengths atau kekuatan, weaknesses atau kelemahan, opportunities atau kesempatan, dan threats atau hambatan. Analisis pada keempat hal tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi potensi serta rintangan yang ada dalam sebuah bisnis agar bisnis tersebut dapat berkembang.

2. Penentuan Target Pasar

Sebuah bisnis dapat menargetkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada segala kalangan, namun hal itu membuat bisnis menjadi kurang menarik. Maka dari itu, target pasar dapat ditentukan secara spesifik berdasarkan minat dari para konsumen sehingga strategi pemasaran dapat dilakukan dengan tepat.

3. Penyusunan Anggaran

Menjalankan sebuah bisnis tentu memerlukan modal untuk berbagai biaya seperti bahan baku, operasional, serta perhitungan akan keuntungan dan kerugian. Anggaran harus tersusun dengan tepat dan sesuai dengan analisis peluang usaha agar bisnis berjalan secara efisien.

4. Evaluasi

Di setiap akhir periode, misal akhir bulan, suatu bisnis harus melihat kembali kinerja selama satu bulan belakang. Hal itu dapat dijadikan bahan evaluasi untuk mengembangkan bisnis di bulan-bulan selanjutnya. Komentar dari konsumen juga dapat dijadikan salah satu bahan evaluasi rutin.

Dengan memahami pengertian dasar, tujuan, serta contoh dan cara melakukan analisis peluang usaha, Anda dapat memajukan bisnis yang Anda jalankan dengan analisis tersebut, dan bersiaplah untuk menjadi pengusaha yang sukses!

Admin dua

Send this to a friend